Friday, June 10, 2011

Kata - Kata Realita Kehidupan

Salam Sejahtera,
Selama hidup, begitu banyak manusia yang saya temui dengan perbedaan karakter dan sifatnya. Seiring dengan itu, banyak sekali pengalaman dari mereka yang menjadi inspirasi dari penulisan ini. Ini bukan puisi Cinta atau seperti Kahlil Gibran yang menggunakan berbagai macam kata indah untuk mengungkapkan pendapatanya tapi tulisan ini merupakan realita kehidupan yang menarik yang saya temui dari pengalaman hidup saya, Sebuah tulisan yang sedikit banyak mungkin pernah, sedang dan akan kalian alami di kehidupan Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu akan terlihat lemah ketika kamu disakiti, Dan kamu akan menjadi tahan banting untuk menghadapi rasa sakit yang akan datang. Setelah kamu tahan banting kamu mulai menyakiti perasaan orang lain dan ketika kamu menyakiti perasaan orang kamu akan berusaha membenarkan dirimu sebagai pihak yang tersakiti terlebih dahulu. Ironisnya, kamu akan terlihat lemah kembali ketika kamu benar - benar jatuh cinta pada orang yang selama ini kamu nanti.

Ketika kamu kecil kamu bertanya siapa diri kamu, ketika remaja kamu mulai mencari siapa diri kamu, ketika menjadi muda kamu menggunakan kata "Just Be Your Self" sebagai tameng. Ketika kamu dewasa terkadang kamu akan menjadi orang lain untuk mencapai kemauan kamu. Ketika kamu tua nanti, kamu akan ditanyakan oleh anak - anak dan cucumu siapa kamu sebenarnya.

Mereka bilang melupakan lebih sulit dari pada mendapatkan. Lalu bagaimana dengan mereka yang sudah melupakan namun belum mendapatkan? pernah terpikirkan mendapatkan sama sulitnya dengan melupakan?

Kamu sudah mengetahui bagaimana latar belakang diri kamu dan lingkungan kamu. Pernah berpikir untuk melakukan sesuatu di luar yang kamu ketahui? Seseorang yang memiliki kelebihan lebih dihargai ketika keluar dari lingkungan hidupnya.

Yang saya dapatkan dari kuliah semester awal lalu adalah waspada terhadap kata "Nanti".

Mereka bilang lebih baik menunggu dari pada harus menjalaninya dengan orang yang bukan di tunggu. Lalu bagaimana dengan Cinta di luar sana yang sedang menunggumu? apakah kamu masih berpikir egois dengan perasaan kamu?

Ketika kamu meneteskan air mata yang dipikiran kamu adalah "bagaimana bisa, salah siapa, apa yang harus saya lakukan, teganya dia" Simpanlah itu semua karena esok ketika kamu meneteskan air mata yang ada dipikiran kamu adalah "semoga ia berbahagia".

Teman saya berkata lupakan tapi jangan tinggalkan. Benar, tapi ada kalanya melupakan juga harus meninggalkan dan meninggalkan bukan untuk melupakan.

Kamu menang dalam pertandingan tapi kamu kalah dalam pertempuran.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa setiap bidang keilmuan di dunia ini membutuhkan 'seni' .

Mereka berkata dan terdengar ditelingamu seolah - olah  "yah begitulah dia, dia itu memang begitu, sudahlah dia bukan siapa - siapa, dia cuma seseorang dengan madu di awal dan racun di akhir". Tapi ketika kamu bertemu dengan seseorang maka semua itu menjadi berubah dan terdengar di telingamu menjadi, "dia bisa lebih baik dari itu, dia seharusnya tidak seperti itu, dia bisa menjadi sesuatu yang beharga, sudah cukup bagi dia untuk bersenang - senang". ketika itu kamu jatuh cinta.

Kamu merasa kesepian dan mencari keramaian di luar sana, ketika kamu mendapatkan keramaian itu justru yang kamu rindukan adalah kesepian itu dan keramaian yang kamu dapatkan sesungguhnya mengajarkan kamu untuk bertahan dalam kesepian.

Seorang pedagang warung kios di depan kostan saya berkata "Rumah, uang, perhiasan, piala penghargaan bisa terbakar tapi ilmu yang kamu miliki tidak akan pernah terbakar sampai kamu mati."

Seorang desainer handal mampu menggabungkan kerja otak kiri dan kanan secara bersamaan karena ia menciptakan karyanya untuk orang lain agar setiap orang yang melihat karyanya dapat menerima itu dengan logika, ironisnya Indonesia cenderung memandang sebelah mata pekerjaan seorang desainer.

Kamu sudah melihat berbagai macam sifat dan karakter manusia dalam hidupmu. Yang menjadi pertanyaan apakah kamu sudah mengerti berbagai macam sifat dan karakter manusia tersebut atau bahkan kamu sendiri belum melihat dan mengerti sifat dan karakter dirimu.

Pria akan menjadi brengsek ketika mereka tidak berani menikahi seorang wanita yang selama ini menjadi kekasihnya dan akan menjadi paling jahat ketika mereka menikahi seorang wanita namun belum siap mengahadapi kehidupan setelah pernikahan.

Sekarang ada 2 pilihan dalam hidup kamu yang sangat riskan untuk di jawab bahkan bisa menjadi pro dan kontra berkepanjangan. Saya harap di dalam hidupmu kamu tidak akan dihadapkan oleh 2 pilihan ini.

  1. Merelakan kebahagianmu sendiri demi kebahagian orang lain namun kamu pasti tau itu akan menjadi pengorbananmu seumur hidupmu yang hanya satu kali kamu lalui. Kamu melihat senyum orang lain namun di dalam hatimu kamu terbelenggu karena hidupmu yang hanya satu kali kamu sia - siakan.
  2. Meraih segala impianmu dan cita - cita mu namun mengorbankan kebahagian orang lain. Kamu akan di anggap egois oleh sebagian pihak dan yang lain akan menganggap dirimu seorang yang ajaib dan berani untuk mengorbankan segalanya demi impian dan cita - citamu.
Mengorbankan diri sendiri demi orang lain adalah hal yang sulit, sama sulitnya untuk kamu meraih segala impian dan cita - cita mu yang butuh pengorbanan. Tidakkah kamu berpikir ini adalah pilihan yang seimbang?

Seorang pria yang berpengalaman soal cinta bisa memecah belah antara kesenangan dengan teman - temannya, dengan pekerjaannya, dengan kesendiriaanya dan dengan kekasihnya. Uniknya, mereka akan mencoba menjalankan itu semua dengan membuat seorang wanita tetap merasa nomor 1.

Saya heran, kebanyakan dari wanita selalu berpikir ia menjadi korban perasaan dari pria tapi tidak pernah berpikir kalau itu semua karena mereka terlebih dahulu yang membuatnya.

Konsep 5W 1H akan selalu ada dalam otak dan pikiran kamu selama otak kamu masih berfungsi.

Kamu tau rasanya kehilangan dan setelah itu saya berharap kamu dapat mengatasi akibat dari kehilangan itu dengan cara membencinya atau merelakannya. Setelah menentukan pilihan kamu akan belajar bagaimana cara membenci dan bagaimana cara merelakan meskipun itu adalah pelajaran yang paling sulit lebih dari pada ilmu matematika.

Kebanyakan dari pria bahagia ketika kekasihnya yang dulu mendapatkan yang lebih baik dari dirinya karena ketakutan seorang pria adalah ketika ia tidak bisa membahagiakan pasangannya lahir dan batin.

Ketakutan seorang wanita adalah takut akan kehilangan dan tidak lagi menjadi nomor 1 yang diperhatikan seorang pria.

Teman saya berkata, Bagaimanapun juga seorang wanita menuntut untuk lebih diperhatikan dan seorang pria menuntut agar lebih di mengerti. ITU BENAR!? (Agatha Fransiskus) yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara memperhatikan seorang wanita dan bagaimana cara mengerti pria? sebab ketika seorang wanita merasa tidak diperhatikan ia akan menuntut pria tersebut untuk memperhatikannya namun seorang pria berkata, "Sayang maaf, tolong ngertiin aku ya, aku sedang . . . . " see?

Saya teringat akan kata - kata "Manusia berencana Tuhan yang menentukan". saya berpikir untuk merubahnya menjadi "Manusia yang berencana dan menentukan namun Tuhan yang mengetahui yang terbaik bagi hidup manusia" karena kalau tidak demikian sia - sialah semua yang kita rencanakan kalau tidak kita terlebih dahulu yang menentukan yang terbaik untuk kita.

Sebuah tamparan ke seorang teman sendiri di bayar mahal dengan kepergian seorang kekasih.

"Aku melakukan ini semata - mata bukan hanya keadaan ekonomi aku yang melarat. Tapi aku juga tidak ingin  munafik aku juga menyukai seks" - Pramuria.

Kamu terlambat tapi kamu tidak gagal.

Menerima adalah hal yang paling mudah namun menjadi hal yang paling sulit ketika harus menerima segala kekurangan.

Semua menjadi lebih mudah ketika harus diucapkan dari pada dijalankan.

Ketika kamu mendapati sebuah dinding yang kokoh kamu akan dihadapkan pada 3 pilihan

  1. Menghancurkannya dengan sekuat tenaga 
  2. Mengambil jalur lain
  3. Menunggu seseorang menghancurkan dinding tersebut
Menghancurkannya, kamu akan berjuang sekuat tenaga daya dan upaya namun kamu akan sia - sia karena kamu sendiri.
Mengambil jalur lain, kamu akan membuang waktumu dengan sia - sia hingga terlambat.
Menunggu seseorang, kamu akan menjadi pribadi yang pasif hingga orang lain merasa jenuh menolong Anda.
Mengapa kamu tidak berpikir untuk menghancurkannya dengan sekuat tenaga, mengambil celah dan keputusan yang matang dan membutuhkan sedikit pertolongan dari orang lain?


Manusia, tidak akan pernah sampai pada puncak kepuasaan dan tidak akan pernah berada paling bawah dari keterpurukan. Karena pada dasarnya manusia makhluk yang unik. Berpikir untuk mencapai kepuasan dan berpikir untuk bangkit dari keterpurukan. Dan lebih uniknya lagi berpikir untuk berada di tengah - tengah menjadi pilihan terbaik.

"Kamu harus bersyukur karena kamu lahir dengan nasib yang berkecukupan sekarang bagaimana caranya kamu memanfaatkan kecukupan itu menjadi sesuatu yang berharga untuk diberikan kepada orang lain" - Pedagang Bakso Deket kostan.

"Seorang marketing bukan bagaimana dia berhasil menjual produk dan jasa perusahaan tapi berhasil memenangkan hati orang untuk menyukai produk dan jasa perusahaan karena tidak menutup kemungkinan ia akan me 'marketing' kan produk dan jasa perusahaan kamu kepada orang lain tanda ia sadari" - Temen sekamar kostan.

Awalnya adalah hati yang bermain setelah itu logika dan siasat. Yang menjadi masalah ketika orang tersebut memiliki siasat yang handal dari Anda.

Jiwa dan Raga adalah sesuatu yang bertolak belakang namun yang menyatukan itu semua adalah pikiran manusia yang unik. Karena pikiran manusia selalu dapat menyerap apa yang tidak bisa dilakukan oleh semua organ tubuh manusia mana pun.

Pelajaran yang saya dapat dalam dunia kerja adalah tidak untuk berkata 'tidak tahu' dan 'tidak bisa' kemudian selalu menempatkan kata 'menurut saya.... tapi terserah bapak/ibu baiknya bagaimana"

Bukti dari wanita bukan makhluk yang lemah, yaitu bagaimana seoran Cleopatra menaklukkan Alexander The Great dan Raja Firaun tunduk olehnya dan melakukan apa saja yang ia inginkan.
Sedangkan Fakta tidak semua lelaki tunduk pada kecantikan wanita adalah ketika Yusuf menolak mentah - mentah untuk berhubungan seks dengan Potifar, permaisuri Firaun.


Mengapa manusia dikatakan makhluk yang kuat sekaligus lemah? Jawaban logikanya adalah ada pada fakta sejarah dimana manusia dapat bertahan hidup melewati zaman es pertama dan ke - 2 dan menjadi yang paling lemah ketika mereka mulai memangsa satu sama lain seperti kawanan binatang.

Padangan pertama menjadi tolak ukur nilai seorang manusia pertama kali namun seterusnya manusia akan di nilai dari kepribadiannya dan kualitasnya sebagai seseorang yang mampu bertahan hidup di dunia ini.

Kamu sudah berusaha keras melupakan kepedihan akan cinta namun masih tidak bisa. Mungkin kamu melupakan satu hal yang penting, BERDOA, karena bagaimanapun juga cinta ada karena Sang Pencipta.

Seorang teman saya berkata, Uang membuat segalanya yang tidak ada menjadi ada tapi juga bisa melupakan apa yang sudah ada sekalipun itu sesuatu yang sudah ada jauh sebelum kamu mengenal fungsi uang sebelumnya. (Agatha Fransiskus )

5 comments:

  1. Wah mantafff, bnr" sesuai dengan realita. nanti pasti ditambahin lagi ga?

    ReplyDelete
  2. sadis, kena semuanya!?

    ReplyDelete
  3. @all thx buat appreciatenya,, iya nanti bakal di tambah lagi kok ditunggu, hehe...

    ReplyDelete
  4. Kamu terlambat tapi kamu tidak gagal.
    like this. bisa mengganti kata - kata lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. keep writing.

    ReplyDelete
  5. wah, thx ya... iya tenang aja i'll always keep writing more and more.. :)

    ReplyDelete